20
Mei
09

Perbedaan yang mencolok antara Bunga dan Bagi Hasil

Kita semua mungkin sudah mengetahui, baik Bunga dan Bagi hasil kedua-duanya memberikan keuntungan bagi yang memiliki dana (shohibul maal). Akan tetapi, antara bunga dan bagi hasil memiliki perbedaan yang sangat mencolok, Yaitu antara laBlog kuin :

1. Penentuan besarnya bunga dibuat pada waktu akad (kontrak) dengan asumsi harus selalu untung. Sedangkan, penentuan besarnya rasio nisbah bagi hasil dibuat pada waktu akad dengan berpedoman pada kemungkinan untung atau rugi.
2. Besarnya persentase bunga berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjam oleh nasabah (debitur). Sedangkan, besarnya rasio bagi hasil berdasarkan pada jumlah keuntungan yang diperoleh nasabah.
3. Pembayaran bunga tetap pada yang dijanjikan tanpa pertimbangan apakah proyek yang dijalankan oleh nasabah untung ata rugi. Sedangkan, Bagi hasil bergantung pada keuntungan proyek yang dijalankan. Bila usaha merugi, kemungkinan akan ditanggung bersama oleh kedua belah pihak.
4. Jumlah pembayaran bunga tidak meningkat sekalipun jumlah keuntungan berlipat. Sedangkan, Jumlah pembagian laba dalam bagi hasil akan meningkat sesuai dengan peningkatan laba usaha.
5. Eksistensi bunga diragukan dan juga dikecam oleh semua agama, termasuk agama Islam. Sedangkan, bagi hasil tidak ada yang meragukannya, apa lagi sampai mengecamnya.


0 Responses to “Perbedaan yang mencolok antara Bunga dan Bagi Hasil”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Mei 2009
S S R K J S M
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: